IKAL 56 GAGAS SILATURRAHMI BULANAN

0
191
Salurkan Donasi Anda untuk berbagai kegiatan sosial keagamaan yang dilaksanakan LENSA melalui rekening a.n YAYASAN LENSA BHINEKA NUSANTARA : 1. Bank Mandiri : (182-00-01377747-2), 2. BNI Syariah : (0782859358), 3. BRI : (4413-01-020121-53-6), dan 4. BJB : (0091819961100). Semoga bantuan Anda membawa Manfaat untuk semua. Aamiin..

Puluhan anggota Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL) Angkatan LVI yang lebih dikenal dengan IKAL 56, memadati ruang pertemuan Bale Bengong Jl. Angkasa, Halim Perdana Kusumah DKI Jakarta (21.01.20). Kehadiran para anggota IKAL 56 ini bertujuan untuk mengikuti silaturrahmi bulanan yang di gagas para pengurus, untuk menjaga hubungan persaudaraan yang selama ini sudah terikat kuat agar lebih harmoni dan Sinergi. mereka datang dari berbagai kota di Indonesia, seperti Medan, Surabaya, Jabodetabek dan Jabar. “Terimakasih Abang-abang, para mentor, senior dan sahabat sekalian yang telah hadir dalam pertemuan kali ini, semoga pertemuan seperti ini bisa terus kita lakukan untuk menjaga harmoni dan sinergi IKAL 56”. Ucap Bang Johan, panggilan akrab Bapak Johan Sinalsal Sembiring yang didapuk sebagai panitia pelaksana kegiatan dalam kesempatan tersebut.

Masih menurut Johan, dalam pertemuan tersebut cukup banyak Anggota IKAL 56 yang terdiri dari berbagai latar belakang satuan baik TNI maupun POLRI serta para ASN yang hadir. “Kalau hadir semuanya mungkin ruangan ingin tidak akan menampung, kita Anggota IKAL 56 ada 115 Anggota dari 12 Negara, tapi smoga lain kesempatan kita bisa adakan lebih besar lagi seperti waktu di Bogor”. Harapnya. Diketahui bahwa yang telah mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LVI 2017 seluruhnya memang ada 115 Anggota dari 12 Negara.

Dalam pertemuan tersebut, salah satu pengurus IKAL 56, Brigjend TNI Rido Hermawan, M.Sc, yang kini bertugas di salah satu Deputi Setjend. Wantanas RI, menyampaikan refleksinya. Menurutnya sebagai alumni Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS RI) kita harus mampu menjadi juru damai dimanapun berada, dikarenakan potensi konflik saat ini sangat rentan terjadi di tengah-tengah masyarakat, terutama terkait tiga hal. Satu, Potensi Konflik yang ditimbulkan Pilkada Serentak. Kedua, sebelumnya juga memiliki potensi saat penentuan jumlah pemilih yang biasanya ditentukan oleh hasil sensus, dan Ketiga, yang tidak kalah pentingnya adalah implementasi reformasi birokrasi kalau tidak dilakukan dengan baik dan tertib, akan sangat rentan memicu konflik. “Sebagai anggota IKAL 56 saya mengajak para sahabat sekalian, harus senantiasa waspada dan dapat menjadi juru damai dimanapun berada, sehingga segala potensi konflik yang dihadapi dapat dicarikan solusinya”. Tegasnya

Sementara itu, Ketua IKAL 56, Kombes Pol Arief Pujianto, SH., menuturkan bahwa pertemuan ini merupakan awal yang baik di tahun 2020, dan beliau mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan ASN IKAL 56 yang telah megninisiasi mengawali kegiatan pertemuan silaturrahmi bulanan ini, yang pasti banyak membawa manfaat dan hikmah bagi semuanya, seraya menegaskan di bulan Februari 2020 nanti pertemuan bulanannya insyaAllah akan dilaksanakan di Surabaya. “Terimakasih saya sampaikan kepada kawan-kawan ASN dan Tim, yang telah menginisiasi kegiatan ini, insyaAllah banyak hikmah dan manfaatnya, bulan depan kita rencanakan di Surabaya”. pugkasnya tegas.

Senada dengan Ketua IKAL 56, Ustadz, Daden Sukendar, M.Ag yang juga bagian dari anggota IKAL 56, sejenak menjelang memimpin do’a ramah tamah, menyampaikan bahwa ada banyak manfaat dari pertemuan silaturrahmi bulanan ini, paling tidak ada tiga hal; pertama akan memperkuat tali persaudaraan(terjalin Sillaturrahmi), kedua dapat saling berbagi Informasi (sillatul fikri), dan terbuka peluang kerjasama dalam berbagai hal posistif bersama ke depannya (Sillatul ‘amal). “Banyak manfaat dari pertemuan ini, dalam terminologi pesantren sering dikenal dengan istilah, sillaturrahmi, sillatul fikri dan siliatul ‘amal”. Singkatnya, dilanjutkan dengan memimpin do’a menjeang ramah tamah dan penutupan kegiatan.

Tanggapan Pembaca

Tanggapan