Profil

SELAYANG PANDANG

Lembaga Peneliltian Sosial Agama (LENSA) Sukabumi

A. Latar Belakang

Lembaga Penelitian Sosial dan Agama (LENSA) Sukabumi merupakan suatu forum atau lembaga yang dibentuk pada tanggal 7 Juli 2002 oleh masyarakat, terutama kalangan pemuda dan mahasiswa Islam Sukabumi, dalam membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan masyarakat, dimana pada mulanya lembaga ini merupakan komunitas kajian keislaman yang fokus menyoroti masalah keagamaan dan sosial. Diantara para pendiri lensa adalah sebagai berikut:

  1. U. Syamsudin AK, M.Ag
  2. Daden Sukendar, M.Ag
  3. Ujang Miftah, SHI
  4. Abdul Halim, S.Pd.I
  5. Ceceng Ma’mun Nawawi, S.Pd.I
  6. Sansan, SE
  7. Kamaliyah, SHI

Pada tahap berikutnya, atas kesepakatan para pendiri dan anggota serta usulan dari berbagai pihak, maka komunitas kajian keislaman tersebut menjadi sebuah wadah berinteraksi kaum muda Islam untuk mewujudkan cita-cita ”Islam rahmatan lil ’alamin” di Kabupaten Sukabumi, dan diberi nama Lembaga Analisis Sosial dan Agama (LenSA) Sukabumi.

Pada perkembangan berikutnya, atas saran dari berbagai kalangan, dengan tujuan agar lebih terasa manfaatnya di masyarakat, lembaga ini dikembangkan yang tadinya hanya sebatas forum kajian dan analisa sosial dan agama, menjadi lembaga yang bergerak di bidang research (penelitian) sosial dan agama, sehingga hal tersebut juga memiliki konsekwensi berubahnya akronim LENSA Sukabumi yang tadinya lembaga analisis menjadi lembaga penelitian atau lengkapnya adalah Lembaga Penelitian Sosial dan Agama (LENSA) Sukabumi.

Dalam mewujudkan cita-cita diatas, LENSA SUKABUMI telah mencoba membangun komunikasi dengan berbagai pihak termasuk elemen lintas agama untuk mewujudkan kerukunan umat beragama.

 

B. Azas dan Sifat

LENSA Sukabumi sebagai organisasi sosial keagamaan berasaskan Pancasila. Dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Lembaga Penelitian Sosial dan Agama Sukabumi berpedoman kepada ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.
LENSA Sukabumi sebagai organisasi sosial keagamaan bersifat independent.

 

C. Tujuan

Tujuan Lembaga Penelitian Sosia dan Agama (LENSA) Sukabumi adalah terwujudnya tatanan masyarakat beragama dan berkeyakinan yang silih asah, silih asih, silih asuh, sejahtera dan berkeadilan atas dasar Kemanusiaan, Kebersamaan dan Perdamaian.