Peningkatan kemampuan bagi seorang pemimpin sudah menjadi suatu keharusan bagi mereka yang berada pada suatu organisasi, dan mengharapkan organisasi yang dipimpinnya dapat memiliki kualitas pengelolaan yang baik, tak terkecuali dalam Gerakan Pramuka. Hal itulah yang mendorong Puluhan Pengurus Pramuka Al-Masthuriyah Ikuti Kursus yang diadakan oleh Gerakan Pramuka Gudep 03-097 : 03-097 Pangkalan Al-Masthuriyah Tipar Cisaat Sukabumi.

Ketua Racana Pramuka STAI Al-Masthuriyah, Nasrul Haqi, sebagai ketua panitia kegiatan tersebut, mengungkapkan : “Acara ini kami laksanakan untuk meningkatkan kapasitas menejerial di setiap Gudep pada satuan pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Perguruan Islam Al-Masthuriyah”. Terangnya

Para peserta kursus yang diambil 10 orang dari 5 satuan pendidikan (MA, SMA, SMK, PDF Ulya dan STAI Al-Masthuriyah ini, hadir di Aula Perguruan Islam Al-Masthuriyah, disuguhi berbagai materi yang disampaikan oleh para pemateri yang kompeten dari DKC Kab. Sukabumi, DKD Provinsi Jabar dan Para Dosen serta guru-guru Pembina Pramuka di Al-Masthuriyah.

Baca Juga : Santri Al-Masthuriyah Juarai MQK Jawa Barat 2018

Diantara materi yang diberikan adalah Pola dan mekanisme pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega, Struktur Organisasi Gudep, Ambalan dan Racana, Sistem Administrasi Gudep, Ambalan dan Racana, Leadershif, Interpersonal dan publik kominikasi, Teknik membuat Press reallase dan photografi, serta teknik korespondensi. Diantara Pemateri yang sudah memberikan materinya hadir dari DKC Kab. Sukabumi, M. Asep Martadinata dan Dosen Pembina Pramuka STAI Al-Masthuriyah, Daden Sukendar.

Dalam materinya Asep menyampaikan bahwa sesui tujuan dibentuknya sebagaimana tertuang dalam Undang-undang nomor 12 Tahun 2010, bahwa Pramuka merupakan wadah untuk memperkokoh jiwa nasionalisme pada generasi muda. “Kalau kita lihat dari tujuannya, Pramuka itu media memperkokoh rasa Nasionalisme”. Tegasnya.

Nampak dalam kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari ini (11-12.01.2019), para peserta begitu antusias¬† mengikuti kursus yang diberikan, mereka aktif bertanya dan berdialog dengan para pemateri yang memberikan paparannya. Lutfiyah misalnya, Siswi yang saat ini duduk di kelas XI SMK Al-Masthuriyah tersebut mengaku sangat bangga jadi bagian dari Gerakan Pramuka Al-Masthuriyah karena bisa terus meningkatkan potensi diri yang dimilikinya. “Alhamdulilah saya bisa bergabung di ekskul Pramuka dan ikut kegiatan ini, smoga saya bisa lebih meningkatkan potensi yang dimiliki”. Jelasnya

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.